10 Faedah Tanaman Hias Yang Belum Kamu Tahu!

10 Faedah Tanaman Hias Yang Belum Kamu Tahu!

10 Faedah Tanaman Hias Yang Belum Kamu Tahu!

Apa yang tampil di benakmu saat diberi pertanyaan mengenai peranan tanaman hias? Ya namanya tanaman hias, pasti dipakai jadi hiasan untuk percantik rumah.” Kurang lebih kalimat berikut ini seperti itu yang tentu langsung kamu pikirkan.

Nah, jawabanmu benar-benar tidak salah. Tapi tidak selalu tentang estetika serta penampilan ruang, masih ada rangkaian faedah lainnya dari tanaman hias yang jarang-jarang sekali kita tahu.

Jadi apa saja sich sebetulnya faedah dari tanaman hias? Yuk, tahu sedetailnya berikut ini.

  1. Hilangkan Partikel Beracun dari Udara

bunga krisan

Bukan hanya beri kesegaran mata, tanaman hias dapat beri kesegaran pernafasan. Riset NASA mengutarakan jika english ivy, bunga krisan, peace lily, serta beberapa spesies tanaman hias yang lain dapat dibuktikan ampuh hilangkan partikel polutan dari udara.

english ivy

peace lily

  1. Kurangi Debu dalam Ruang

Pada musim kemarau yang kering, debu condong lebih gampang bersebaran. Tanaman indoor bisa melepas 95-97% air yang dikandungnya ke udara. Kandungan air ini akan membuat kelembapan yang dapat tangkap serta menyerap debu dalam ruang.

Disamping itu, formasi air dari tanaman hias tentunya menyamakan tingkat kelembapan udara, khususnya ditengah-tengah teriknya musim kemarau. Bisa disebut jika tanaman hias ialah air purifier sekaligus juga air humidifier yang alami serta ekonomis.

  1. Menyingkirkan Nyamuk

geranium

Di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia, nyamuk tentu saja telah jadi ‘teman’ setiap hari kita. Semprot nyamuk umumnya dipakai jadi senjata penting untuk memberantas rekan menjengkelkan satu ini. Sayangnya, umumnya semprot nyamuk masih memiliki kandungan bahan kimia beresiko yang kurang baik untuk kesehatan keluarga.

selasih

Nah, dibanding memakai semprot nyamuk, mengapa tidak coba menanam tanaman pengusir nyamuk yang telah jelas kealamiannya? Dengan memajang tanaman seperti selasih serta geranium yang dibenci nyamuk, rumah akan terlepas dari masalah serangga penghisap darah ini.

  1. Turunkan Tingkat Keributan

Bila kamu tinggal dekat sama jalan raya, keributan bukan suatu hal yang bisa dijauhi. Ditambah lagi bangunan rumah dengan permukaan keras condong membiaskan gelombang suara ke ruang hingga membuat lebih bising.

weeping fig

Tanaman indoor seperti rubber plants serta weeping fig bisa turunkan tingkat keributan dengan menyerap gelombang suara. Peliharalah tanaman-tanaman berdaun lebar ini dalam rumahmu, serta kamu akan merasai ketenangan dari hiruk pikuk kota di luar sana.

  1. Menetralkan Berbau Tidak Enak

lidah mertua

Kadang-kadang dalam sekian waktu, berbau tidak enak tentu menyerang rumah. Entahlah itu berbau dari makanan busuk, dari kamar mandi, atau dari hewan peliharaan. Dibanding memakai pengharum ruang memiliki bahan kimia, tambah lebih baik bila kamu manfaatkan minyak wangi alami dari tanaman.

bunga mawar

Contohnya, kamu dapat tempatkan tanaman hias seperti lidah mertua, bunga mawar, serta peace lily untuk jaga udara masih fresh serta wangi. Tanaman-tanaman ini sama efektifnya dengan penyegar ruang mana saja, tanpa ada bahan kimia apa saja.

  1. Membuat Tidur Lebih Pulas

lavender

Kamu seringkali alami sulit tidur? Jangan langsung minum obat tidur! Tidak hanya membuat ketergantungan, mengonsumsi obat terlalu berlebih benar-benar tidak baik untuk tubuhmu.

melati

Coba tempatkan tanaman seperti lavender atau bunga melati di kamarmu. Tanaman-tanaman berbunga ini dapat turunkan detak jantung serta tekanan darah, dan kurangi kekhawatiran, depresi, serta rasa sakit yang biasa mengganggu tidur. Dengan kedatangan tanaman ini di kamar, tidurmu akan lelap seperti bayi.

  1. Tingkatkan Daya Tahan Badan

Tanaman hias seperti devil’s ivy sudah dapat dibuktikan dapat tingkatkan ketahanan badan manusia. Menurut studi, bangunan kantor Parharpur yang mempunyai lebih dari 1.200 tanaman devil’s ivy ialah bangunan paling sehat di India. Dibandingkan pekerja di bangunan lain, karyawan kantor Parharpur memperlihatkan tingkat penyakit harian (asma, iritasi mata, sakit kepala, permasalahan pernafasan) yang tambah lebih rendah.

Mempunyai tanaman dalam ruang dapat menolong Anda tingkatkan kelembapan absolut, yang menurut riset oleh Oregon State University, menolong menahan tersebarnya virus flu.

  1. Tingkatkan Konsentrasi serta Konsentrasi

orchid

Kandungan karbondioksida atau CO2 yang berlebihan dalam ruang bisa membuat kamu gampang capek, lemas, serta lesu. Keadaan ini pasti mengganggu kelancaran kegiatan serta turunkan tingkat produktivitasmu.

Adanya tanaman hias di ruang, CO2 akan terserap serta tergantikan oleh O2 yang diperlukan badan. Kamu juga bisa kembali konsentrasi meneruskan apa saja tugasmu.

dragon tree

Menurut satu studi oleh The Royal College of Agriculture di Cirencester, Inggris, siswa yang hadiri kelas dengan tanaman indoor, memperlihatkan 70% hasil belajar yang lebih bagus. Ini jadi bukti jika kehadiran tanaman di ruang bisa dengan efisien tingkatkan konsentrasi belajar siswa.

  1. Menurunkan Flu & Batuk

eucalyptus

Flu serta batuk dapat sembuh dengan tanaman hias tipe eucalyptus. Eucalyptus bisa berperan jadi dekongestan alami yang mempunyai dampak melegakan. Dengan hirup aroma eucalyptus, batuk berdahak, pilek, hidung mampet akan kembali lega.

Beberapa riset mengatakan jika gabungan spesial eucalyptus, ekstrak jeruk nipis, serta pinus dapat dipakai untuk menolong menangani bronkitis.

  1. Jaga Kesehatan Mental

Bentuk tanaman hidup yang demikian cantik, ditambah warna hijaunya yang alami, dan berbau fresh langsung dari alam akan pancarkan getaran positif buat kehidupan kita. Berikut kenapa sebatas lihat atau hirup aroma tanaman di meja kerja dipandang dapat pelihara keadaan mental manusia dari tekanan aktivitas setiap hari.

Ada banyak faedah dari tanaman hias, kan? Jadi pilih tanaman favoritmu serta awalilah isi rumah dengan benda ajaib dari alam ini. Badan, hati, jiwa, serta pikiranmu akan mengucapkan terima kasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *