Makanan Favorit Kelinci yang Terbaik

Makanan Favorit Kelinci yang Terbaik. Kelinci merupakan binatang berbulu putih yang tingkahnya sangat menggemaskan. Kelinci yang dipelihara sebagai kelinci hias memiliki bulu yang cenderung lebih lebat dan halus. Tubuh yang ramping menjadi ciri khas dari kelinci hias. Sedangkan kelinci pedaging dan diambil dagingnya memiliki tubuh yang lebih montok.

Kelinci hias maupun kelinci pedaging yang diternakkan harus memperoleh makanan terbaik. Asupan makanan yang baik dan tepat akan dapat mempengaruhi kesehatan kelinci. Pertumbuhan kelinci peternak dengan makanan yang tepat juga akan lebih bagus. Untuk makanan kelinci ada yang berupa makanan pabrikan dan ada berupa makanan segar. Memang makanan pabrikan cukup praktis tetapi makanan yang segar lebih bagus.

 Kelinci mempunyai makanan favorit yang memang sangat disukai. Makanan tersebut juga dapat mendukung pertumbuhan serta perkembangan kelinci ternak. Saat memilihkan makanan untuk kelinci sebaiknya diperhatikan apakah cocok atau tidak pada pencernaannya. Berikut ini makanan favorit kelinci yang sangat baik untuk menunjang kesehatannya.

Buah-buahan Segar

Dilansir dari Sudut hewan, kelinci sangat menyukai buah-buahan yang segar. Tetapi tidak semua jenis buah cocok untuk dimakan oleh kelinci. Buah yang mengandung kadar gula tinggi sebaiknya tidak diberikan sebagai makanan kelinci. Buah segar yang paling cocok untuk makanan kelinci adalah yang mengandung serat tinggi. Kelinci sangat bagus dan suka jika diberikan buah anggur, apel, strawberry, berry dan pisang. Berikan buah-buahan yang masih segar dan tidak busuk.

Makanan favorit kelinci berupa buah segar dapat diberikan dengan cara dipotong kecil-kecil. Potongan kecil buah segar akan memudahkan kelinci saat menyantapnya. Buah yang tidak cocok untuk kelinci dapat mengganggu pencernaannya. Sehingga dapat diperhatikan jenis buah yang akan diberikan sebagai makanan kelinci.

Sayur-sayuran Segar

Kelinci sangat suka makan sayuran terutama sayuran yang berwarna hijau. Untuk memberikan sayuran kepada kelinci dapat dipilihkan yang mengandung banyak air. Sayuran dengan kadar air yang tinggi dapat menjaga kesehatan pencernaan kelinci. Tetapi jika masih dicoba-coba maka sebaiknya diberikan dalam potongan yang sedikit terlebih dahulu. Apabila feses kelinci menjadi lebih lunak maka sebaiknya tidak diberikan.

Kelinci membutuhkan banyak serat untuk mendukung pertumbuhannnya dan menjaga kesehatan pencernaannya. Nutrisi dari sayuran segar ini memberikan asupan gizi yang baik untuk tumbuh kembang kelinci. Kelinci yang diternakkan harus dapat memperhatikan asupan makanannya. Sayuran segar dapat menjadi pilihan yang tepat.

Rumput Segar

Kelinci sangat menyukai mengunyah rumput. Sebagai salah satu makanan favorit kelinci maka rumput yang diberikan juga tidak dapat sembarangan. Timothy Hay menjadi salah satu jenis rumput yang biasanya diberikan. Jenis rumput ini mengandung serat yang bagus untuk kesehatan pencernaan dan mendukung kesehatan kelinci. Nutrisi yang diberikan juga cukup bagus. Jika ingin mendapatkan rumput jenis ini dalam keadaan kering dapat membeli di pet shop.

Rumput yang biasa diperoleh di rumah juga dapat diberikan. Namun rumput yang akan dimakan oleh kelinci harus dipastikan tidak tercemar pestisida. Kelinci suka mengunyah rumput dan ini akan bagus untuk pertumbuhan giginya nanti. Pemberian rumput untuk makanan kelinci dapat diberikan setiap hari. Sehingga rumput sangat bagus untuk pertumbuhan gigi, kesehatan pencernaan sekaligus mendukung kesehatan dan pertumbuhannya.

Memberi makanan favorit kelinci akan membuat kelinci mudah makan dan meningkatkan nafsu makannya. Pemberian makanan berupa buah, sayuran dan rumput segar akan lebih baik daripada memberikan makanan olahan pabrikan. Untuk mendapatkan kelinci ternak yang terbaik dan berkualitas harus benar-benar memperhatikan asupan makanannya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *