Reproduksi Tumbuhan

Hasil gambar untuk reproduksi tanaman

Tumbuhan juga sama halnya dengan manusia Sama seperti manusia yaitu sama – sama memiliki system reproduksi.

Reproduksi tanaman adalah proses di mana tanaman mendapatkan organisme baru yang cocok dengan induknya.

(2015), seperti pada hewan, hasil akhir dari reproduksi tanaman adalah kelanjutan dari spesies tertentu. Reproduksi pada tanaman dapat bersifat intelektual atau seksual.

Reproduksi aseksual melibatkan berbagai metode yang sangat berbeda untuk menghasilkan tanaman baru yang identik.

Karakteristik, Contoh dan Perbedaan Reproduksi seksual di sisi lain tergantung pada serangkaian peristiwa seluler dasar yang kompleks yang melibatkan kromosom dan gen.

Ada dua macam reproduksi pada tanaman, yaitu: Reproduksi generatif (perkawinan) Reproduksi vegetatif (non-kawin) Penjelasan berikut:

Reproduksi generatif Reproduksi generatif adalah cara menyebarkan tanaman yang dapat dilakukan oleh tanaman itu sendiri dan dengan cara alami.

Reproduksi generatif dimulai dengan perpaduan gamet jantan dan betina. Gamet adalah sel yang diproduksi oleh organisme untuk tujuan reproduksi seksual.

Pada tanaman yang lebih tinggi dimulai dengan proses penyerbukan dan persarian.

Ada dua organ reproduksi pada tanaman tingkat tinggi, yaitu dalam bentuk strobilus (pada tanaman biji terbuka) dan dalam bentuk bunga (pada tanaman biji tertutup).

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pembentukan individu diawali dengan penggabungan dua gamet. Proses fusi gamet jantan dan betina membentuk zigot dan disebut fertilisasi atau pemupukan.

Pada tanaman biji, gamet jantan (sperma) diproduksi oleh alat reproduksi pria yang disebut benang sari. Baca juga: Organ Utama Tanaman.

Sementara gamet betina diproduksi oleh alat pengembangbiakan betina yang disebut putik, tanaman yang bereproduksi secara umum biasanya kawin di dalam bunga.

Organ reproduksi Pada tanaman ada kepala sari di mana serbuk sari hadir. Pollen mengandung sel-sel seks pria. Pada sel kelamin wanita, putik terdiri dari putik, tangkai putik, dan ovarium.

Sedangkan kelopak bunga dan bunga mangkota bertindak sebagai alat perhiasan untuk serangga menaril yang membantu penyerbukan. Pistil Pistil adalah pembiakan wanita yang biasanya terletak di lingkaran bunga terdalam dan dikelilingi oleh benang sari.

Putik adalah kepala putik (stigma), putik putik (stylus), ovarium (indung telur) dan ovula. Di dalam ovula ada kantung institusional yang mengandung beberapa sel.

Salah satu sel dalam tubuh lembaga adalah telur (ovum) yang pada dasarnya dibuahi oleh inti sperma.

Benang sari Benang sari adalah alat pengembangbiakan jantan. Bagian-bagian benang sari, yaitu tangkai (filaman) dan kepala sari (anthera) yang terdiri dari empat kantong benang sari.

Benang sari terbentuk di kantong serbuk sari dan ketika mereka masuk, kepala sari pecah dan serbuk sari masuk.

Dalam proses reproduksi generatif dapat terjadi beberapa faktor, yaitu; Penyerbukan angin (anemogami) Penyerbukan hewan (zodiodiamy) Penyerbukan serangga (entomogami) Penyerbukan keong (malakogami) Penyerbukan burung (ornitogamy) Penyerbukan kelelawar (kiropterogami).

Penyerbukan manusia (antropogami) Reproduksi Vegetatif Reproduksi vegetatif adalah pembiakan yang dilakukan oleh tanaman tanpa fusi antara dua sel gamet dari pria dan wanita.

Tetapi organisme baru berasal dari bagian tubuh induk. Dalam reproduksi vegetatif dibedakan menjadi dua, yaitu: Natural Vegetative Dalam sistem ini bagaimana sistem reproduksi tanaman tidak kawin. Biasanya akan berkembang biak dengan bagian tanaman yang lain.

Ada beberapa cara reproduksi vegetatif alami: Dengan membelah diri, misalnya spirulina dengan tunas biasa,

misalnya pisang, bambu dan palem Dengan tunas adventif, misalnya pada daun dan kokor itik dengan akar rimpang (batang yang tumbuh secara horizontal ke dalam) ,

misalnya lengkuas, jahe, sansiviera Dengan umbi batang (batang bengkak),

misalnya, kentang, ubi jalar Dengan umbi akar (akar bengkak), misalnya dahlia, ubi pohon Dengan umbi lapisan (batang yang dimodifikasi dan lapisan daun),

misalnya bunga lili, bawang bombai dengan bawang putih (batang yang tumbuh menyebar di atas tanah), misalnya, stroberi.

Fakta Unik, Tanaman Memasuki Fase Defensif ketika Hujan Datang dari Vegetatif Buatan Vegetatif buatan adalah perkembangbiakan yang terjadi karena campur tangan manusia.

Ada beberapa cara vegetatif buatan, yaitu: Dengan stek, misalnya melati, singkong dengan cara okulasi, misalnya jerus, jambu biji, mangga dengan cara merunduk, misalnya alamanda kuat dengan batang tanaman sejenis lainnya. Dengan kultur jaringan, memperbanyak tanaman dengan mencari sel meristem klorofil menjadi kandidat individu baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *