Tumbuhan | Pengertian, Karakteristik, Contoh

Definisi Tumbuhan

Tumbuhan adalah organisme multiseluler di kerajaan Plantay yang menggunakan fotosintesis untuk membuat makanan mereka. Ada lebih dari 300.000 spesies tanaman.

Contoh umum tanaman termasuk rumput, pohon, dan semak. Tumbuhan memiliki peran penting dalam ekosistem global. Mereka menghasilkan sebagian besar oksigen di dunia, dan mereka penting dalam rantai makanan, karena banyak organisme memakan tanaman atau memakan organisme yang memakan tanaman. Studi tentang tumbuhan yang disebut botani.

Karakteristik Tumbuhan

Tumbuhan adalah autotrof. Mereka menghasilkan makanan mereka. Mereka melakukan ini melalui fotosintesis, proses pembuatan nutrisi seperti gula dari energi cahaya dan karbon dioksida.

Fotosintesis terjadi pada organel seluler yang disebut kloroplas, yang mengandung klorofil dan karotenoid, yang merupakan molekul yang menyerap energi cahaya dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan.

Di sisi lain, Heterotrof adalah makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan mereka dan harus memakan makhluk lain untuk bertahan hidup. Banyak tanaman memakan tanaman. Heterogenitas organisme hewan lain yang memakan tumbuhan.

Tumbuhan adalah produk utama di banyak ekosistem, yang memberi mereka peran penting dalam kelangsungan hidup banyak organisme lain. Selain itu, oksigen adalah produk sampingan dari fotosintesis, dan banyak organisme bergantung pada oksigen untuk bertahan hidup. Kita tidak bisa hidup tanpa tanaman.

Tumbuhan adalah organisme multiseluler dengan sel eukariotik. Sel eukariotik adalah sel yang relatif besar dengan nukleus nyata dan organel lain yang melakukan fungsi tertentu.

Tumbuhan, tumbuhan, jamur dan hewan mengandung sel eukariotik. Sel-sel tanaman menampilkan dinding sel yang mengandung selulosa, kloroplas fotosintetik, dan rongga tengah besar yang membawa air dan membuat tanaman rentan terhadap bom.

Sel-sel prokariotik, di sisi lain, kecil tanpa inti atau organel yang nyata kecuali ribosom, yang menghasilkan protein. Bakteri dan archaea mengandung sel prokariotik.

Banyak tanaman mengandung jaringan pembuluh darah, seperti kayu dan jaringan kulit, yang membawa air dan nutrisi ke seluruh tanaman. Ini sangat penting bagi tanaman yang tumbuh besar, air perlu mengalir dari akar ke batang ke daun.

Jaringan pembuluh darah ditemukan pada tanaman “kompleks”. Dipercayai bahwa tumbuhan berevolusi dari nenek moyang mirip alga. Saat ini, sebagian besar ganggang modern diklasifikasikan sebagai bakteri dan bukan tanaman.

Namun, ganggang hijau, yang juga mengandung selulosa di dinding selnya dan memiliki kloroplas yang melakukan fotosintesis, terkadang dikelompokkan dengan tanaman.

Tumbuhan mereproduksi secara seksual dan non-seksual dan membawa apa yang dikenal sebagai perubahan generasi. Singular berganti panggung dengan panggung ganda. Haploid adalah ketika sel berisi sekelompok kromosom, sedangkan dua sel adalah ketika sel berisi dua kelompok.

(Sebagai referensi, manusia diploid, tetapi perasaan mereka – sperma dan telur – sangat mematikan.) Pada tanaman, dua gumbet jenuh bergabung untuk membentuk zigot ganda. Perkawinan dikristalin ini membelah dengan membaginya menjadi organisme multiseluler.

Ini disebut sporophyte, dan ketika matang, aseksual menghasilkan spora individu. Spora kromosom kemudian menyebar ke organisme multiseluler yang disebut sel koroid. Gametofit menghasilkan pertengkaran kromosom tunggal, menyatu untuk membuat organisme diploid, dan pergantian antara asam diploid dan kromosom dimulai lagi.

Jenis Jenis Tumbuhan

Charophytes

Caribs adalah ganggang hijau yang kompleks seperti periuk. Mereka memiliki sel dengan kloroplas, dinding sel selulosa, dan penyimpanan pati, seperti halnya tanaman.

Mereka bereproduksi secara seksual dan yang lain memiliki sperma dengan cambuk (ekor yang memungkinkan mereka bergerak), seperti yang dilakukan beberapa tanaman. Beberapa jenis batu fosil sangat mirip dengan batu modern

Anggrek

Bryophytes adalah tanaman non-vaskular liar. Mereka tidak memiliki jaringan pembuluh darah, yang merupakan jaringan yang mengangkut air dan nutrisi. Itu ditemukan di tanah dan di dalam air.

Contoh umum tanaman alga adalah alga, hati, dan sapi. Alga umumnya mirip dengan alga karena kurangnya sistem pembuluh darah. Mereka memiliki bagian yang mirip dengan akar, batang, dan daun, tetapi ini bukan akar asli, batang, dan daun yang ditemukan pada tanaman vaskular.

Kabel hati mungkin merupakan tanaman liar pertama yang berevolusi. Tumbuhan padang rumput memiliki karakteristik ganggang dan tumbuhan yang sama, dan ganggang, tumbuhan alami yang paling terkenal, adalah anggota kelompok ini yang paling mirip dengan tanaman vaskular.

Tumbuhan Vaskular Tanpa Biji

Tanaman vaskular tanpa biji menghasilkan embrio tanpa biji. Sebaliknya, mereka berkembang biak dengan kuman. Anggota grup ini termasuk pakis, kuncir kuda, quillwort, clubmosses, dan spikemosses.

Tumbuhan ini dulunya disebut peptidofit, tetapi kelompok ini ternyata tidak akurat karena pakis dan paku ekor kuda lebih erat kaitannya dengan tanaman benih daripada yang mereka lakukan dengan fosil kapas, anjing, dan spikemos. Tumbuhan vaskular tanpa biji tumbuh subur selama periode Devon dan hutan karbon.

Benih Tanpa Topeng

Topless termasuk biji termasuk jenis konifera dan tanaman terkait seperti ginkgo dan cycad. Biji telanjang memiliki “biji telanjang”, biji mereka tidak terkandung dalam ovarium seperti pada tanaman berbunga.

Sebaliknya, bijinya tumbuh di permukaan daun, atau dalam kasus konifer, struktur yang dimodifikasi seperti kerucut. Contoh paling umum dari permainan benih mungkin adalah pohon pinus dan sayap pinus. Ginkgo juga diketahui secara fundamental tidak berubah dari tanaman ginkgo kuno yang ditemukan dalam fosil 270 juta tahun yang lalu.

Angiospermae

Angiospermae adalah tanaman berbunga. Mereka adalah tanaman yang paling umum saat ini, dan lebih dari 295.000 spesies berbeda diketahui. Alat kelaminnya adalah bunga, yang memiliki bagian jantan seperti lungsin dan serbuk sari, dan bagian betina seperti putik. Ketika bunga diserbuki, buah-buahan yang mengandung biji tumbuh. Angiospermae memiliki jaringan vaskular yang lebih kompleks daripada topless.


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *